Metode Penelitian dan Metodologi Penelitian

Metode Penelitian dan Metodologi Penelitian (PDF file)

Dalam kelas metodologi penelitian, seringkali istilah “metode penelitian (research method)” dan “metodologi penelitian (research methodology)” dianggap memiliki pengertian yang sama. Oleh karena itu penggunaan kedua istilah tersebut juga saling menggantikan satu dengan yang lain. Kondisi ini sudah berlangsung cukup lama, sehingga banyak mahasiswa yang tidak menyadari bahwa kedua istilah tersebut sesungguhnya memiliki makna yang berbeda.

Adapun metode penelitian, mengacu pada “prosedur” dan “alat” atau “teknik” tertentu yang digunakan dalam proses penelitian. Metode penelitian, antara lain meliputi: teknik simple random sampling, teknik survey, dan teknik Focus Group Discussion (FGD). Sedangkan metodologi penelitian menunjuk pada Ilmu yang didalamnya mempelajari berbagai metode penelitian yang digunakan baik untuk kepentingan praktis maupun pengembangan ilmu pengetahuan. Metodologi penelitian ini sangat terkait dengan pelbagai asumsi filosofis (philosophical assumptions) yang mendasari proses penelitian.

Implikasi teknis dari pembedaan ini adalah bahwa dalam penulisan karya tulis ilmiah (skripsi, tesis, desertasi), mestinya istilah yang digunakan pada bagian/bab “metodologi/metode penelitian” adalah metode penelitian dan bukan metodologi penelitian. Hal ini karena bagian tulisan tersebut hanya mengungkapkan teknik dan prosedur yang akan dimanfaatkan dalam proses penggalian, analisis dan interpretasi data penelitian. Sementara istilah metodologi penelitian sebenarnya lebih cocok jika dilabelkan untuk nama dari mata kuliah tertentu, seperti Metodologi Penelitian Sosial, Metodologi Penelitian Administrasi, Metodologi Penelitian Kualitatif, dan Metodologi Penelitian Kuantitatif.