Multi-Stage Probability Sampling

Posted On Oktober 15, 2008

Filed under Teknik Penentuan Sample

Comments Dropped leave a response

Pada metode sampling ini proses pemilihan sampel penelitian dilaksanakan melalui dua tahap pengambilan sampel atau lebih. Dalam hal ini, cluster sampling adalah metode yang justru lebih banyak diterapkan sebagai multi-stage sampling. Pada cluster sampling tersebut, tahap pertama pemilihan cluster dapat menggunakan simple random sampling, systematic sampling atau stratified sampling. Setelah cluster sample diperoleh, elemen pada cluster tersebut tidak serta merta dijadikan sampel penelitian. Tahap kedua adalah pemilihan sampel dari elemen-elemen pada tiap cluster, yang dapat juga diperoleh melalui penggunaan salah satu dari ketiga jenis teknik random yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pada cluster sampling yang memiliki tiga tahap, hasil dari tahap kedua juga masih berupa cluster. Cluster tersebut adalah sub cluster dari cluster hasil sampling tahap pertama. Baru kemudian pada tahap ketiga diturunkan sampel dari masing-masing cluster yang diperoleh dari tahap kedua. Sebagaimana proses sampling pada tahap pertama dan kedua, tahap ketiga juga dapat menggunakan salah satu dari berbagai teknik random yang ada.

Prosedur cluster sampling tiga tahap, dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, peneliti secara random memilih cluster sampel. Kedua, dari masing-masing cluster sampel tersebut dipilih sejumlah cluster yang lebih kecil atau sub cluster dengan cara random. Ketiga, dari semua cluster hasil tahap kedua kemudian secara random dipilih elemen sebagai sampel penelitian